INOVASI DISDUKCAPIL TOBA LOLOS TAHAP PENILAIAN SUBSTANSI PERTAMA LOMBA INOVASI DAERAH PROV. SUMUT

INOVASI DISDUKCAPIL TOBA LOLOS TAHAP PENILAIAN SUBSTANSI PERTAMA LOMBA INOVASI DAERAH PROV. SUMUT

Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toba DOMPAK 1 (Pendataan Orang Meninggal untuk Penerbitan Akta Kematian) berhasil lolos tahap penilaian substansi pertama Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Kelolosan inovasi DOMPAK 1 ini tertuang dalam Pengumuman Balitbang Provsu Nomor 188.4/6006/BPP/I/2022 tanggal 26 September 2022.

Pada lomba inovasi daerah ini terdiri dari dua kategori yaitu kategori kabupaten/kota dan kategori OPD Provsu. Proposal yang masuk untuk kategori kabupaten/kota sebanyak 162 inovasi dari 23 kabupaten/kota dan 103 inovasi dari 49 OPD Provsu.

Pada tahap penilaian substansi pertama, tim validasi lomba telah melakukan penilaian terhadap proposal dan pemenuhan indikator inovasi dengan hasil untuk kategori kabupaten/kota sebanyak 20 inovasi dari 17 kabupaten/kota dan untuk kategori OPD Provsu sebanyak 18 inovasi dari 16 OPD Provsu.

Menurut Hendra Butarbutar, Kabid Pelayanan Pencapil, DOMPAK 1 merupakan pendataan orang meninggal untuk penerbitan akta kematian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Database Kependudukan yang digunakan dalam kebijakan pemerintah baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dalam pelaksanaan urusan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Sedangkan sasaran yang akan dituju dengan adanya inovasi ini adalah masyarakat sebagai pengguna layanan akan mendapat dokumen Akta Kematian keluarganya dan instansi pemerintah dan non pemerintah yang telah mengikat perjanjian kerjasama pemanfaatan data kependudukan sesuai peraturan perundangundangan akan mendapatkan data penduduk yang akurat.

Pengumuman Balitbang Provsu Nomor 188.4/6006/BPP/I/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.